Sijantan – Sistem Informasi Jalan dan Jebatan

Kali ini saya akan memperkenalkan satu contoh aplikasi GIS yang biasa digunakan oleh instansi Pekerjaan Umum atau Bina Marga di tingkat Kabupaten/Kota. Aplikasi ini bernama SIJANTAN atau Sistem Informasi Jalan Dan Jembatan. Sijantan merupakan suatu paket program berbasis komputer. Sistem ini menjadi salah satu sarana infrastruktur terpenting dalam upaya memudahkan dan mengefisienkan sistem layanan informasi basis data kebinamargaan daerah. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan aplikasi GIS (Geographic Information System) yang dimodifikasi dengan software programming, sehingga menjadi software yang berdiri sendiri.

Dengan aplikasi GIS Sijantan ini manfaat yang dapat diperoleh yaitu:

  • Melakukan pemetaan kondisi jalan dan jembatan 
  • Membangun suatu informasi yang lengkap mengenai jaringan-jaringan jalan dan jembatan
  • Memberikan fasilitas kepada pengguna (user) untuk mengidentifikasi suatu daerah atau suatu zona untuk kepentingan khusus misalnya untuk kawasan perkebunan, pemukiman, fasilitas umum, turisme, dan pengawasan lingkungan.
  • Memudahkan dan mengefektifkan pengelolaan basis data pembangunan daerah dalam format Sistem Informasi Geografis (GIS) sehingga diperoleh tampilan yang interaktif dan komunikatif seperti peta tematik atau peta garis berdatabase, dan lain-lain.
  • Memudahkan dalam memberikan laporan secara berkala 

Berikut beberapa screenshoot tampilan Aplikasi GIS Sijantan:

Tampilan Peta pada aplikasi GIS Sijantan. Sebelumnya peta diolah menggunakan software Map dan hasilnya diintegrasikan dalam aplikasi GIS Sijantan.

 

 

Dalam tampilan Peta aplikasi GIS Sijantan Kita juga bisa menggunakan fitur-fitur standar yang terdapat pada beberapa software pengolahan peta.

 

Tampilan Depan Aplikasi GIS Sijantan

 

Berikut adalah tampilan form editing data jalan dan jembatan yang mana databasenya terintegrasi dengan data atribut Peta.

Untuk tahapan dalam pembuatan Aplikasi Sijantan ini yaitu :

  • Digitasi peta hasil kompilasi data lapangan (primary data) dan data pendukung (secondary data) kedalam bentuk master file basis data grafis (SIG) dengan menggunakan aplikasi software GIS.
  • Melakukan editing basis data baik grafis maupun numerik dan melakukan Setup basis data (grafis & numerik).
  • Desain Program. Melakukan penyesuain tampilan aplikasi sistem, sehingga mudah dioperasikan oleh pengguna.
  • Pembangunan Program/Software. Melakukan pembangunan program Sistim Informasi Jalan Jembatan dengan menggunakan software programmer yang dapat menampilkan data-data dalam bentuk digital berbasis Sistim Informasi Geografis.
  • Instalasi & Ujicoba sistem. Melakukan ujicoba untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang ada dalam sistem.

 

(sumber : http://aplikasigis.wordpress.com/2013/12/14/sijantan/)

 

Go to top