Belajar WebGIS

 

 

Hai guys, udah lama sejak tulisan terakir saya di sini. Belakangan saya disibukkan dengan beberapa kegiatan baru dan belajar hal-hal baru, salah satunya web GIS (Geographic Information System). WebGIS pada dasarnya sama seperti hal nya web pada umumnya, perbedaannya terletak pada konten. Konten website GIS ini berisi informasi geografik yang dapat divisualisasikan dalam bentuk peta (informasi spasial) dan informasi tabular.

 

Sebagai engineer pemetaan saya seharusnya sudah familiar dengan webGIS, namun nyatanya belum. Saya yang lebih berfokus pada pengembangan Penginderaan Jauh (Remote Sensing) tidak begitu tahu banyak mengenai perkembangan webGIS. Walau saya belum banyak mendalami, namun sudah dari dulu saya percaya bahwa webGIS akan menjadi gerbang masa depan geomatika.

 

Kali ini saya ingin menceritakan apa yang saya pelajari, mungkin baik jika dimulai dari Web GIS 101.

 

Apa itu webGIS?

 

Sebagai Sistem informasi, webGIS berfungsi utama untuk memberi informasi. Informasi Apa? Informasi geografis dan sifat di dalamnya. Lo & Yeung mendefinisikan GIS  sebagai suatu sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menampilkan data informasi bergeoreferensi. Dengan tambahan web- di depannya, mengindikasikan media yang dipakai untuk menampilkan informasi ini berada pada media online.

 

Apa keuntungan webGIS?

 

Keuntungan web GIS banyak sekali, satu yang utama adalah interoperability data spasial sangat efektif. Data dapat dipindahtangankan dengan cepat, semua pengguna dapat memanipulasinya secara realtime with all teams stay on the same page.

 

Contohnya, Apabila kamu berada di perusahaan eksplorasi migas. Permasalahan perusahaan kamu adalah tersebarnya peta kertas ‘Seismic Line Structure‘  di berbagai departemen dengan dokumentasi yang tersebar cantik di rak lemari data. Dan celakanya, kamu diperintah untuk mencari informasi berapa jumlah well yang beroperasi full 100% dan tolong dibawakan peta struktur subsurface di setiap well nya. Bad enough?

 

Sepertinya di kelas perusahaan migas tidak seburuk itu dalam sistem dokumentasinya, namun itu tetap saja bisa terjadi. Solusi yang paling tepat untuk masalah kamu adalah pembuatan Sistem Informasi Geografis. Dengan masalah kamu di atas, kamu akan menghemat berjuta-juta tenaga untuk simpan dokumen, atur dokumen, tambah data, kurang data, printing data, dan nyampein data ke para bos-bos. Dengan webGIS kamu bisa melakukan itu hanya dengan menulis curhatan masalah kamu di sistem. Dan itu bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Jadi kalo kamu disuruh cari peta struktur suruh balik aja bos kamu yang cari online, kan uda ada tuh.

 

Keuntungan lainnya :

 

  • Aplikasi webGIS masuk dalam segala perspektif usaha; baik engineering, science, dan bisnis
  • Kita termudahkan dalam melihat gambaran besar suatu permasalahan dengan melihat berbagai skala.
  • Semua orang dapat terlibat menggunakan aplikasi ini, baik untuk melihat, menambah, atau mengubah informasi.

 

Apa dulu yang harus saya pelajarin untuk tau webGIS?

 

Always looks for big picture !

 

Pelajari gambaran umum arsitektur web GIS. Apa saja yang membentuk webGIS. Apa saja sistem, hardware, software, skill, yang dibutuhkan dalam membentuk webGIS.

 

 

Saya coba jelaskan apa arti gambar ini,

 

Seperti nama depannya, web-, sistem informasi ini berjalan dengan perantara media online. Dalam arsitekture media online ada istilah yang dikenal sebagai client dan server. Komputer pengguna, seperti kita-kita disebut client, dan komputer sistem pembuat/ developer disebut server. Contohnya bila kita buka twitter, facebook, atau saat buka halaman blog ini, kamu menggunakan browser yang ke depan disebut web-client. Saat kamu mengetikkan alamat website pada kolom URL di browser favorit kamu, kamu mengirimkan perintah kepada server untuk menampilkan halaman website. Perintah itu ditulis dalam bahasa URL. Setelah sejumlah proses rumit di dalamnya, si server balik lagi ke web-client dan mengirim file yang kamu mau dalam bentuk HTML.

 

Dalam contoh gambar di atas, bukan hanya informasi tekstual yang kita minta namun informasi peta. Web-client meminta peta ke server, lalu kemudian di tangkap oleh Super Gate yang bernama Server Web. Server Web ini adalah muara yang besar sekali dimana semua website akan berada disitu. Karena informasi kamu bukan informasi biasa, dia teruskan ke pada Server Aplikasi (bisa berupa Postgre/PostGIS CGI atau ArcGIS Server). Di dalam server aplikasi ini data yang kamu mau dicari di bagian map server (bunker penyimpanan basis data spasial). Setelah ketemu kemudian dikembalikan lagi dengan arah runtutan yang sama.

 

Apa saja contoh webGIS yang beredar saat ini?

 

Seperti yang dibilang sebelumnya, webGIS saat ini masuk ke dalam semua lini usaha. Saya ambil beberapa contoh

 


 

 

Web GIS untuk mengoptimlkan penggunaan jalan raya dan tracking GPS.

 

 

webGIS untuk mengkoordinasikan utilitas bawah tanah dan utitlitas infrastruktur lainnnya

 

 

webGIS untuk koordinasi kependukakan di pemerintah daerah.

 

Kamu bisa memulai belajar membuat webGIS dari sini

 

Pelajari detail mengenai komponen pembentuk:

 

  • Basis Data & Software Pendukungnya (PostgreSQL/PostGIS, Oracle, Arcgis for Server)
  • Map Server sebagai pembentuk CGI penghubung web server
  • Front End Things (HTML5, CSS3, Javascript JQuery)

 

 (sumber : http://titikcerah.wordpress.com/2013/11/23/belajar-webgis/)

 

 

 

Go to top