Menentukan Snapping Pada Arc View (General Snapping)

 

Menentukan Snapping Pada aplikasi GIS Arc View

 

Sebelum dilakukan penambahan atau editing unsur-unsur spasial, putuskan terlebih dahulu apakah unsur-unsur (line/poligon) tersebut akan ditutup secara sempurna. Jika disyaratkan bahwa semua unsur-unsur tersebut harus terbebas dari masalah-masalah gaps dan overlaps, pengguna juga harus menentukan lingkungan snap-nya.

Ketika snap digunakan,
Aplikasi GIS Arcview akan memindahkan vertex atau segmen-segmen unsur spasial tersebut (yang baru saja ditambahkan oleh pengguna) agar selaras dengan vertex atau segmen-segmen unsur yang sudah ada dan terletak di dalam jarak tertentu (snap distance).

 

 

 

Jika pengguna ingin unsur-unsur spasialnya secara otomatis di-snap-kan terhadap unsur-unsur spasial lainnya yang berada di dalam toleransi jarak tertentu, sebaiknya gunakan pilihan General Snapping. General snapping adalah proses snapping suatu unsur terhadap unsur-unsur lainnya yang segera dilakukan begitu pengguna menambahkan unsur baru.

 

Untuk menentukan general snapping, lakukan langkah-langkah berikut :

 

1.     Kliklah nama theme yang sedang di-edit hingga aktif.

 

2.     Pilih menu pulldown ”Theme”  -->  “Properties” (atau langsung meng-klik button theme propertiesnya).

 

3.     Setelah muncul kotak dialog “Theme Properties”, klik icon ”Editing” hingga muncul propertiesnya editing theme yang bersangkutan.

 

4.     Pada panel “Snapping”, kliklah chek box “General” untuk menghidupkan mode snapping. Kemudian ketikkan nilai toleransi (jarak) yang akan dijadikan sebagai nilai snap distance pada edit box “Tolerance”.

 

5.     Tekan button “OK” untuk keluar kotak dialog “Theme Properties”.

 

 

Sementara itu, untuk menentukan general snapping secara interaktif dengan menggunakan mouse, lakukan langkah-langkah berikut :

 

1.     Aktifkan start editing pada poligon melalui menu pulldown “Theme” -->  “Start Editing”, sehingga kotak pada checklist dikelilingi oleh garis putus-putus.

 

2.     Tepat di dalam area window view yang bersangkutan, klik button kanan mouse hingga muncul menu popup.

 

3.     Pada menu popup tersebut, pilihlah “Enable General Snapping”.

 

 

 

 

4.     Pada palette snap tools, klik icon “Snap” dan dalam daftar tools yang menjulur/memanjang ke bawah (pop down), pilih /klik icon “General Snap Tool” (general snapping tolerance).

 

 

 

 

5.     Kemudian di dalam view aktif ini, klik atau drag sebuah lingkaran yang mempresentasikan jarak toleransi (snap distance). Sementara informasi mengenai nilai jarak toleransinya (radius lingkaran) akan muncul pada status bar-nya. Nilai jarak/radius ini kemudian dijadikan sebagai nilai general snap tolerance.

 

 

(sumber : http://gis-indonesia.blogspot.com/2011/05/menentukan-snapping-pada-arc-view.html)

 

Go to top